Pada fase penghujung project PDM yang sedang saya kerjakan, team mesti menyiapkan Production Environtment untuk melayani aplikasi ke depan. Tulisan ini akan membahas gambaran singkat arsitektur sistem tersebut. Namun alangkah baiknya kita mulai dengan penjelasan difinisi terlebih dahulu tentang PDM dan induknya PLM.

Dalam dunia industri, product lifecycle management (PLM) / manajemen siklus produk  adalah proses pengelolaan seluruh siklus produk dari awal, mulai dari desain dan manufaktur sampai dengan pelayanan konsumen dan pembuangan produk tersebut. PLM mengintegrasikan orang, data, proses dan sistem bisnis dan menyediakan tulang punggung informasi produk untuk perusahaan. Keuntungan menerapkan PLM antara lain : Reduced time to market, Increase full price sales, Improved product quality and reliability, Reduced prototyping costs,  Savings through the complete integration of engineering workflows, Maximize supply chain collaboration dan masih banyak lagi..

Sementara PDM singkatan dari Product Data Management, adalah bagian fungsi bisnis  dari PLM yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan publikasi data produk. PDM dapat mengintegrasikan dan mengatur proses pengolahan data dan dokumen teknik yang berhubungan dengan komponen fisik produk yang bersangkutan. PDM akan berfungsi maksimal apabila kesesuaian dengan CAD/CAM diatur sedemikian rupa, dihubungkan dengan informasi berbasiskan STEP (Standard for the Exchange of Product Data model).

PLM & PDM Landscape

Adapun implementasi kali ini fungsi-fungsi yang akan masuk ke dalam scope of work adalah :

Catia dan SolidEdge integration berfungsi mengambil data-data dari desain, merupakan interface design software ke PDM Platform. ERP integration menjembatani transfer data ke ERP dalam hal ini oracle bussiness switch. Karena data-data yang berasal dari dept R&D semua dalam kondisi terenkripsi maka dibutuhkan Encryption Gateway agar dapat diproses oleh PDM platform. Sementara mail integration untuk menghubungkan otomasi dengan email baik untuk info workflow maupun alert system.

Berikut Diagram Sistem Arsitektur PDM

 

Semoga gambaran singkat di atas dapat menambah wawasan bagi kita.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *